KOMUNIKASI
DALAM JARINGAN (DARING)
A.
Pengertian
Istilah
komunikasi dalam jaringan mengacu pada membaca, menulis, dan berkomunikasi melalui/menggunakan
jaringan computer. Komunikasi dalam jaringan adalah cara berkomunikasi
di mana penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan atau melalui jaringan
internet. Komunikasi yang terjadi di dunia semu biasa desebut komunikasi dunia
maya atau cyberspace.
Komunikasi
dalam jaringan pertama dimulai tahun 1960, di sebuah universitas of Hawaii yang
memiliki daerah yang luas dan berkeinginan untuk menghubungkan
computer-komputer yang tersebar di kampus tersebut. Kemudian Universitas of
Hawaii mengembangkan teknologi Ethernet (perangkat komunikasi pada computer)
dengan nama “ALOHA”. Di dalam Ethernet tersebut ditanam sebuah software yang
didalamnya terdapat sebuah protocol yang pada saat itu disebut dengan nama
ARPANET, yang diluncurkan tahun 1969. ARPANET untuk saat ini sudah berkembang
menjadi nama internet yang berasal dari interconnected network. Penggunaan
komunikasi dalam jaringan dalam dunia pendidikan pertama kali tahun 1980-an
ditandai dengan pengenalan komputer sebagai media pendidikan dan pertengahan
tahun 1990 dengan munculnya word wide web.
B. JENIS KOMUNIKASI JARINGAN
Komunikasi
dalam jaringan sinkron
Komunikasi
dalam jaringan secara real time menggunakan komputer sebagai media,
disebut dengan komunikasi dalam jaringan serempak/sinkron. Contoh komunikasi
sinkron misalkan aplikasi chat (yahoo messenger, google talk, MIRc dll), video
chat (skype, line, facetime, google+ hangout, dll).
Komunikasi
dalam jaringan asinkron
Komunikasi
dalam jaringan secara tunda menggunakan komputer sebagai media, disebut dengan
komunikasi dalam jaringan tak serempak/asinkron. Contoh komunikasi asinkron
misalnya aplikasi e-mail, video streaming, dll).
Komunikasi
online lebih mengacu pada membaca, menulis, berbagi video kamera dan konunikasi
melalui jaringan komputer secara sinkron.
16
C. TUJUAN KOMUNIKASI DALAM JARINGAN
- Memungkinkan
pengiriman data dalam jumlah besar secara efisien, ekonomis dan tanpa
kesalahan.
- Dukungan
pengendalian jarak jauh, sehingga memungkinkan pengguna mengendalikan
komputer dan perangkat dari jarak jauh.
- Penggunaan
komputer secara terpusat ataupun tersebar, sehingga mendukung manajemen
dalam hal kontrol, baik desentralisasi ataupun sentralisasi
- Memudahkan
pengelolaan, pengaturan pengaturan data antara dua perangkat atau lebih.
D. KOMPONEN PENDUKUNG KOMUNIKASI DALAM
JARINGAN
Hardware/perangkat
keras
Perangkat
yang bentuknya dapat dilihat atau diraba oelh maunusia. contoh : komputer,
headset, microphone, dan perangkat pendukung koneksi internet
Software
Program
komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan yang dikehendaki.
Software digunakan sebagai perantara antara perangkat keras (hardware) dengan
pengguna (brainware).
Brainware
Brainware
adalah pengguna software ataupun hardware untuk berkomunikasi dalam jaringan
0 komentar:
Posting Komentar